Virus Akan Mati Bila Jenazah Dikremasi, Teori Mendagri Menuai Polemik

  • Whatsapp

ALREINAMEDIA.COM,JAKARTA-Teori Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, tentang Jenazah Covid-19 di bakar, virusnya akan mati menuai polemik.

Hal ini di sampaikan Tito di sebuah Webinar Nasional Asosiasi FKUB Nasional yang diikuti secara Virtual melalui aplikasi Zoom, Selasa (21/7/20) lalu. Ia mengatakan, dikhawatirkan virus Corona jenis baru yang ada di Jenazah bisa menular ke manusia yang masih hidup. Tito berpandangan, virus akan mati bila jenazah dikremasi.

Read More

“Yang terbaik. Mohon maaf, Saya muslim tapi ini teori yang terbaik dibakar, karena virusnya akan mati juga,”kata Tito dalam sebuah Webinar.

Sebagaimana diketahui, penanganan Jenazah Covid-19 berbeda dengan jenazah biasa. Penanganan dengan prosedur khusus harus diterapkan demi menjaga kesehatan banyak orang yang masih hidup. Bila tidak ditangani sesuai prosedur.

Tito menyampaikan hal tersebut dalam video Webinar itu dibagikan oleh Kapuspen Kemendagri, Bahtiar, di grup wartawan Kemendagri pada Rabu (22/07/20).

Soal teori Jenazah Covid-19, tentu Jenazah Covid-19 tidak harus dibakar. Jenazah Covid-19 bisa dikuburkan di tanah tanpa risiko penularan Covid-19. Caranya, yakni dengan prosedur yang benar.

“Kalau seandainya dimakamkan sesuai dengan cara-cara agama, beberapa agama tertentu ya! harus dibungkus rapat, rapi, harus rapat, tidak boleh ada celah virusnya keluar, karena virusnya itu akan bertahan. Serta upayakan di kuburan di pemakaman yang tidak ada air mengalir, yang kering. Panas,” ujar Tito.(*)

 

Editor : Bagus Alfianto Rajib

#Kemendagri

Related posts