Kesadaran Masyarakat Akan Bahaya Covid19 Masih Rendah, Anjuran Pemkot Batam Sering Dilanggar

  • Whatsapp
Illustrasi

ALREINAMEDIA.COM,BATAM- Disaat pemerintah gencar-gencarnya mengatasi penyebaran Virus Corona (Covid19), masih banyak dijumpai masyarakat yang tidak mengindahkan protokol kesehatan dengan mematuhi sosial distancing dan menggunakan Masker, sesuai dengan anjuran dan himbauan Pemerintah Pusat dan Pemkot Kota Batam.

Dari pengamatan TERDEPAN sebagian masyarakat, bahkan dengan terang-terangan mengundang banyak orang dalam hajatan diruangan tertutup, yang hampir keseluruhannya, tidak memakai Masker ( Masker hanya digantung dileher) dan tanpa adanya jarak sesuai anjuran protokol kesehatan.

Read More

Hajatan tanpa mengindahkan protokol kesehatan ini bukan tidak ada ijin dari RT dan lingkungan setempat, namun ijin yang diberikan justru dilanggar oleh masyarakat itu sendiri.

Diketahui jumlah pasien Covid-19 di Kota Batam pada Rabu (22/7/2020) bertambah empat orang. Dengan adanya penambahan tersebut, saat ini jumlah pasien Covid-19 di Kota Batam berjumlah 275 orang. Dari jumlah tersebut 237 dinyatakan sembuh dan 12 orang meninggal dunia.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi, melalui pernyataan tertulis sebelumnya menyebutkan, keempat pasien tersebut berjenis kelamin Perempuan dan seluruhnya adalah warga Kota Batam.

Wali Kota Batam tersebut menyatakan, berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi yang dilakukan terhadap seluruh cluster terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam, diperoleh kesimpulan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster yang ada maupun kasus baru.

Bahkan slogan dan himbauan serta ajakan Walikota Batam untuk menyambut dan ikut mendukung fase “ New Normal” juga bertebaran di media sosial dan Whatshap Groub seakan tidak begitu dihiraukan oleh sebagian masyarakat.

“Mari bersiap dukung fase “ New Normal” dengan tetap patuhi protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran Covid19, “ tulisnya dalam himbauan berbentuk banner.

Pegawai Bank BTN Batam melayani masyarakat tanpa memakai Masker secara benar

Pantauan dilapangan, selain masyarakat yang masih nekat mengumpulkan massa dalam sebuah acara hajatan dalam ruangan tertutup tanpa mengindahkan protokol kesehatan juga masih banyak dijumpai masyarakat yang berada diruangan perkantoran ber AC yang juga masih tidak menggunakan Masker.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam (Kadinkes), dr. Didi Kusmarjadi SpOg dalam keterangannya menegaskan, bahwa hingga saat ini himbauan untuk mematuhi protokol kesehatan masih diberlakukan.

“ Masih diberlakukan, memakai Masker, sosial/physical distancing dan Hand hiegine dan apabila ada yang melanggar gak ada aturan yang memaksa dan ini harusnya ada Perda ya!, ‘serunya.

dr.Didi juga menjelaskan, selama ini belum ada Perda yang mengatur tentang sangsi yang bisa diberlakukan untuk masyarakat yang melanggar himbauan pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan, namun kepatuhan itu yang diutamakan.

“ Hambatan dari bagian kesehatan gak juga bisa dikatakan demikian, kepatuhan manusianya yang diutamakan, “jelasnya.

Sedangkan Walikota Batam, Rudi yang juga sebagai Ketua Gugus Tugas Covid19 ketika dikonfirmasi melalui pesan Whatshap tentang hal ini belum ada jawaban.

 

Redaksi

#GugusTugasCovid19

Related posts